Laraveler


TUGAS MAKALAH PAI TENTANG SHALAT SUNNAH (TUGAS 01)



MAKALAH PAI
TENTANG SHALAT SUNNAH
Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah



LOGO
SEKOLAH



Disusun Oleh :
Kelompok    : 16 (Enam Belas)
Anggota       :  Adiman Cipangwaren
Dili Sutiadi Mardidi Wiyudi
Cepi Umbara Kusuma Wijaya
Asep Ujang Barsidin Mugini
Siti Sarah Al Barokah Solehah
Tita Puspita Fitrianingsih
Elisti Lisnawati Marwati Surti Similikiti
Kelas            : VII-F  (Tujuh F)




SMPN 4 Ciracap Kab. Sukabumi - Jawa Barat 43176
TAHUN PELAJARAN 2007/2008



KATA PENGANTAR

Segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya kami mampu menyelesaikan tugas  makalah ini guna memenuhi tugas mata pelajaran Agama Islam.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, dan teman-teman sehingga kendala-kendala yang kami hadapi teratasi. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan teman-teman.
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Pendidikan Agama Islam. Makalah ini kami susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran,ketelitian dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat kami selesaikan secara tepat waktu.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca. Kami sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, kepada para pembaca kami mohon masukannya demi perbaikan pembuatan makalah kami dimasa yang akan datang dan mengharapkan kritik dari para pembaca.
PENDAHULUAN

            Dalam makalh ini kami menyajikan peta konsep yang berupa konsep-konsep inti yang akan diberikan pada setiap penjelasan. Kita dapat membaca pokok-pokok inti yang akan menjadi bahasan dalam makalah ini, kami memaparkan sedikit ulasan mengenai shalat sunnah yang dapat dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari. Shalat sunnah adalah shalat yang dikerjakan diluar shalat yang difardhukan atau shalat lima waktu. Shalat ini juga dapat menjadi pelengkap pahala shalat fardhu. Sangat banyak macam shalat sunnah yang berada di sekitar kit, namun dalam makalah ini disajikan beberapa macam shalat sunnah. Terdapat perbedaan dan persamaan dalam melaksanakan shalat sunnah yang dapat kita pelajari. Memaparkan beberapa ketentuan dan tata cara melakukan shalat sunnah yang dapat dilaksanakan dan dibiasakan dalam keseharian.
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...................................................................................................... i
PENDAHULUAN............................................................................................................. ii
DAFTAR ISI..................................................................................................................... iii

A.      Shalat Sunnah Berjamaah............................................................................... 1
a.    Macam dan ketentuannya.............................................................................. 2
b.    Tata cara dan praktiknya................................................................................ 3

B.       Shalat Sunnah Munfarid.................................................................................. 5
a.    Macam dan ketentuannya.............................................................................. 7
b.    Tata cara dan praktiknya................................................................................ 9

C.      Sikap mulia........................................................................................................ 13

D.      Kesimpulan........................................................................................................ 15



A.    SHALAT SUNNAH BERJAMAAH
Shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan untuk mengerjakannya. Orang yang melaksanakan shalat sunnah mendapat pahala dan keutamaan dari Allah SWT. Namun jika seseorang tidak melaksanakan shalat sunnah, dia tidak berdosa. Shalat sunnah berjamaah adalah shalat sunnah yang dilakukan secara bersama-sama, salah satu menjadi imam dan yang lainnya menjadi makmum.
Shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah :
1.      Shalat Idul Fitri.
2.      Shalat Idul Adha.
3.      Shalat Kusuf (gerhana matahari).
4.      Shalat Khusuf (gerhana bulan).
5.      Shalat Istisqa (meminta hujan).

a.    Shalat Idul Fitri
Shalat Idul Fitri adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan pada hari raya Idul Fitri pada setiap tanggal 1 syawal setelah melaksanakan puasa ramadhan 1 bulan. Hukum Shalat sunnah ini adalah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan). Waktu untuk melaksanakan shalat Idul Fitri adalah sesudah terbit matahari sampai tergelincirnya matahari pada tanggal 1 syawal.
Tata cara Shalat Sunnah Idul Fitri :
1.      Imam memimpi Shalat diawali dengan niat.
Description: D:\TSO Blog\Materi TSO\New folder\Nina's Blog_ Makalah Pendidikan Agama Islam kelas 8 bab 2_files\b.png
2.      Pada rekaat pertama sesudah membaca doa iftitah bertakbir sambil mengangkat tangan sebanyak 7 kali.
3.      Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih dilanjutkan membaca al fatihah dan membaca salah satu surah dalam Al-quran. Namun diutamakan surah Qaf atau surah al-A’la.
4.      Pada rakaat kedua, setelah takbir berdiri kemudian membaca takbir lima kali sambil mengangkat tangan dan diantara setiap takbir disunnahkan            
5.      membaca tasbih. Setelah itu membaca surah al fatihah dan surah-surah pilihan.                                                                                                             
6.      Shalat Idul Fitri ditutup dengan salam. Setelah itu khatib mengumandangkan khutbah 2kali. Khutbah pertama dibuka dengan takbir sembilan kali dan khutbah kedua dibuka dengan takbir 7 kali.

b.  Shalat Idul Adha
Shalat Idul Adha adalah Shalat yang dilaksanakan pada hari raya Qurban atau hari raya Idul Adha. Bagi orang yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji, shalat Idul Adha hukumnya sunnah muakkad(sangat dianjurkan). Hampir semua ketentuan dan tata cara shalat Idul Adha sama dengan shalat Idul Fitri. Baik waktu pelaksanaannya,hukumnya, dan tata caranya. Bedanya hanya pada niatnya. Bunyi niat shalat Idul Adha adalah
Description: D:\TSO Blog\Materi TSO\New folder\Nina's Blog_ Makalah Pendidikan Agama Islam kelas 8 bab 2_files\nin.jpg
c.       Shalat Kusuf(Gerhana Matahari)

Shalat sunnah kusuf adalah shalat sunnah yang dilaksanakan ketika terjadi gerhana matahari. Hukum melaksanakannya adalah sunnah muakkad. Waktu pelaksanaanya adalah mulai terjadinya gerhana matahari sampai matahari kembali tampak utuh seperti semula. Hal yang membedakan shalat kusuf dengan shalat pada umumnya adalah dalam shalat kusuf setiap rakaat terdapat dua kali membaca surah al-fatihah dan dua kali rukuk. Adapun tata cara pelaksanaan shalat gerhana matahari adalah :
1.      Berniat untuk Shalat kusuf
2.      Description: D:\TSO Blog\Materi TSO\New folder\Nina's Blog_ Makalah Pendidikan Agama Islam kelas 8 bab 2_files\op.jpg

3.      Setelah itu takbiratul ikhram dan selesai membaca doa iftitah dilanjutkan membaca surah al-fatihah, lalu membaca surah-surah yang panjang.
4.      Rukuk yang lama dan panjang dengan membaca tasbih sebanyak-
5.      banyaknya.                                                                                         
6.      Iktidal dengan mengucapkan “Sami’allahu liman hamidah.”tangan kembali bersedekap di dada.
7.      Membaca surah Al-fatihah dilanjutkan dengan membaca surah al-quran yang lain.
8.      Kembali melakukan rukuk yang panjang dan membaca tasbih sebanyak-banyaknya.
9.      Iktidal dengan mengucapkan “Samiallahu liman hamidah.”
10.  Sujud seperti biasa, tetapi sujudnya agak dipanjangkan daripada seperti yang biasa.
11.  Duduk diantara dua sujud seperti biasa.
12.  Sujud yang kedua agak dipanjangkan.
13.  Bangkit menuju rakaat yang kedua, kemudian melaksanakan rakaat kedua seperti rakaat yang pertama dilaksanakan.
14.  Pada sujud yanng terakhir rakaat yang kedua dianjurkan untuk memperbanyak istigfar dan tasbih kepada Allah swt.
15.  Setelah selesai shalat imam atau khatib berdiri menyampaikan khutbah dengan pesan yang intinya gerhana adalah salah satu kejadian yang menunjukkan kekuasaan Allah swt.
d.   Shalat Khusuf(Gerhana bulan)
Shalat khusuf adalah shalat sunnah yang dilaksanakan ketika terjadi peristiwa gerhana bulan.hukumnya sunnah muakkad. Waktu shalat gerhana bulan mulai terjadinya gerhana bulan sampai bulan tampak utuh kembali. 
Tata cara pelaksanaannya hampir sama dengan pelaksanaan shalat gerhana matahari, yang membedakan adalah bunyi niatnya. Adapun bunyi niatnya adalah :
Description: D:\TSO Blog\Materi TSO\New folder\Nina's Blog_ Makalah Pendidikan Agama Islam kelas 8 bab 2_files\l.png

e.  Shalat Istisqa(Memohon Hujan)
Shalat sunnah istisqa adalah shalat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan
untuk memohon diturunkan hujan. Sebelum melaksanakan shalat istisqa diharapkan untuk berpuasa selama empat hari berturut-turut. Adapun tata cara shalat istisqa adalah :
1.      Setelah semua bersiap shalat, muazin tidak perlu mengumandangkan adzan dan iqamah, cukup dengan seruan yang artinya “mari shalat berjamaah”
2.      Shalat sunnah dilaksanakan seperti shalat sunnah yang lainnya. Setelah membaca surah Al-fatihah dilanjutkan membaca surah-surah yang panjang.
3.      Setelah salam, khotib membaca dua khutbah. Pada khutbah yang pertama dimulai dengan membaca istigfar sembilan kali dan yang kedua dimulai dengan membaca istigfar tujuh kali.








B.     SHALAT SUNNAH MUNFARID
Shalat Sunnah munfarid adalah shalat yang dilaksanakan secara individu atau sendirian. Salat sunnah yang dilaksanakan secara sendirian adala sebagai berikut : 
1.      Shalat Rawatib
2.      Shalat Tahiyyatul masjid
3.      Shalat Istikharah
a.  Shalat Rawatib
Shalat Rawatib adalah shalat yang dilaksanakan menyertai atau mengiringi shalat fardu, baik sebelum maupun sesudahnya. Shalat Rawatib dibagi menjadi dua yaitu shalat rawatib muakkadah dan shalat rawatib gairu muakkad.
1)    Shalat Rawatib Mu’akadah(shalat rawatib yang sangat dianjurkan). Contoh sholat rowatib mua’akadah :
a.       Dua rakaat sebelum shalat zuhur.
b.      Dua rakaat sesudah shalat zuhur.
c.       Dua rakaat sesudah shalat maghrib.
d.      Dua rakaat sesudah shalat isya’.
e.       Dua rakaat sebelum shalat subuh.
2)    Shalat rawatib gairu muakkadah(shalat rawatib yang cukup dianjurkan untuk dikerjakan). Contoh sholat sunah rawatib gairu muakkadah yaitu :
a.       Dua rakaat sebelum zuhur.
b.      Dua rakaat sesudah zuhur.
c.       Empat rakaat sebelum ashar.
d.      Dua rakaat sebelum maghrib.
Jika ditinjau dari segi pelaksanaanya, shalat rawatib ini terbagi menjadi 2, yaitu
1.    Qabiyyah (dikerjakan sebelum shalat fardu)
2.    Ba’diyyah(dikerjakan setelah shalat fardu)
    Tata cara pelaksanaan shalat sunnah rawatib :
1.    Niat menurut waktunya.
2.    Dikerjakan tidak didahului dengan adzan dan iqamah.
3.    Dilaksanakan secara munfarid.
4.    Bial lebih dari 2 rakaat gunakan satu salam setiap 2 rakaat.
5.    Menggunakan suara yang tidak dinyaringkan seperti pada saat shalat dzuhur dan asar
6.    Dikerjakan dngan posisi berdiri, jika tidak mampu dengan duduk atau berbaring.   

b.       Shalat Tahiyyatul Masjid.
Shalat sunnah yang dilaksanakan untuk menghormati masjid. Tata cara shalat tahiyyatul masjid :
1.      Berniat shalat tahiyyatul masjid.
2.      Takbiratul ikram, membaca doa iftitah, surah al-fatihah, dan seterusnya sampai salam.
c.      Shalat Istikharah
Shalat dengan maksud untuk memohon petunjuk Allah Swt. Waktu yang terbaik dalam melaksanakan shalat istikharah adalah saat mulai pertengahan malam yang akhir, sebagaimana waktu  shalat  tahajud. Tata cara melaksanakan shalat istikharah :
1.     Bangun pada pertengahan malam dan berwudu.
2.     Diawali dengan niat.
3.     Pada rakaat pertama, membaca surah pendek al-kafirun (boleh lebih dari satu kali 3, 7,atau 10).
4.     Pada rakaat kedua, membaca surah pendek al-ikhlas (boleh lebih dari satu kali 3, 7, atau 10 kali).

Setelah shalat dianjurkan membaca surah istikharah
1.      Shalat Sunnah Berjamaah Atau Munfarid
Salat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah atau munfarid sebagai berikut:
a.  Salat Tarawih
            Salat tarawih adalah  salat sunnah yang dilaksanakan pada malam bulan Ramadhan. Hukum melaksanakan salat tarawih adalah sunnah mu’akkad. Salat tarawih dilaksanakan setelah Salat Isya’ sampai waktu fajar. Salat tarawih dapat dilaksanakan delapan, dua puluh, atau tiga puluh enam rakaat.

b.  Salat witir
            Salat witir adalah salat yang dilaksanakan dengan bilangan ganjil. Hukumnya melaksanakannya adalah sunnah mu’akkadah. Adapun waktu salat witir adalah sesudah salat Isya’ sampai menjelang fajar salat Subuh.
c.   Salat Duha
            Salat sunnah Duha atau sering disebut dengan salat awwabin duha adalah salat sunnah yang dikerjakan pada waktu matahari sudah menaik sekitar satu tombak (sekitar pukul 07.00 atau matahari setinggi sekitar tujuh hasta) hingga menjelang salat zhuhur.                                                                    
d.  Salat Tahajjud
            Salat sunnah tahajjud adalah salat sunnah mu’akkad yang dilaksanakan pada sebagian waktu di malam hari. Salat tahajjud adalah bagian dari qiyamullail (Salat malam) yang langsung diperintahkan oleh Allah Swt. Adapun tata cara shalat tahajjud adalah :
1.     Dilaksanakan pada waktu setelah shalat isya sampai dengan fajar sidiq dan setelah tidur.
2.     Jumlah rakaatnya paling sedikit 2rakaat dan paling banyak tidak dibatasi.
3.     Dilaksanakan sendirian atau berjamaah.
4.     Lebih utama setiap 2 rakaat salam.                                                                       
Manfaat atau keutamaan salat tahajjud :
1.      Dapat membentuk karakter atau kepribadian orang soleh.
2.      Sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt.
3.      Dapat mencegah diri dari perbuatan dosa.
4.      Dapat menghapuskan atau menghilangkan dari segala penyakit hati.
5.      Mengobati diri dari penyakit jasmani.
e.  Salat Tasbih
     Salat sunnah tasbih adalah salat sunnah yang dilaksanakan dengan
memperbanyak membaca tasbih. Salat tasbih ini merupakan sunnah khusus
dengan membaca tasbih sebanyak 300 kali di dalam salat.
Tata cara salat tasbih:
1.    Jika dilaksanakan di malam hari, jumlah rakaatnya ada 4 dengan 2 kali salam.
2.    Jika dilaksanakan di siang hari, jumlah rakaatnya ada 4 dan sekali salam.

C.    SIKAP MULIA
Sikap mulia yang dapat kita ambil dengan melaksanakan salat sunnah antara lain sebagai berikut:
·         Terbiasa hidup disiplin.
·         Menghargai orang lain.
·         Mengutamakan kebersamaan.
·         Lebih bertanggung jawab dan berpendirian kuat.
·         Memiliki tekad dan semangat yang kuat.



D.    KESIMPULAN
Salat sunnah dapat dilaksanakan secara berjamaah atau munfarid. Selain salat fardu, kita sebaiknya juga melaksanakan salat sunnah. Karena salat sunnah dapat menambah pahala dan dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.
                                                                                    


...
TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah TUGAS MAKLAH PAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG SHALAT SUNNAH Lebih Dekat Kepada Allah Dengan Mengamalkan Shalat Sunnah
...

No comments:

Post a Comment


© adimancv.com